Rumah Komposit yang Diresmikan BPPT Bisa Tahan Gempa

0
BPPT Resmikan Rumah Komposit Tahan Gempa di Tangsel
Wali kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie bersama Kepala BPPT Hammam Riza Menggunting Pita dalam Peresmian Rumah Komposit Anti Gempa di Tangerang Selatan. (Foto: Humas Tangsel)

TANGSEL, BBO – Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meresmikan Rumah Komposit Tahan Gempa di kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, Rabu (16/06). Peresmian ini dihadiri oleh jajaran Petinggi BPPT dan Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Benyamin menjelaskan bahwa dengan adanya Rumah Komposit ini bisa membantu pemerintah dalam memastikan keselamatan masyarakat ketika bencana menimpa kota Tangerang Selatan. Mengingat Tangerang Selatan merupakan salah satu lokasi yang berbatasan dengan daerah-daerah rawan gempa.

Saat ini, Benyamin menyampaikan bahwa Tangerang Selatan mengalami kenaikan kasus Covid-19. “Setelah mengalami penurunan, saat ini, Indonesia mengalami kenaikan secara masif, termasuk kota Tangerang Selatan,” ujar Benyamin.

“Data yang didapatkan, bulan Mei lalu, Pemkot mencatat setidaknya ada 37 kematian yang diakibatkan dari Covid-19, sementara per bulan Juni ini, terdapat 47 kematian yang dari Covid-19 ini, artinya naik sebanyak 10 kematian akibat Covid di Tangsel,” sambung Benyamin.

Menurut Benyamin, kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan BPPT untuk penanganan bencana. “Pemerintah kota Tangerang Selatan terus berkomitmen untuk memberikan fasilitas dalam proses penanganan bencana baik berupa bencana alam atau non alam, salah satunya yaitu bekerjasama dengan BPPT seperti saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPPT, Hammam Riza menjelaskan bahwa BPPT terus melahirkan produk-produk berbasis teknologi. “BPPT selalu menciptakan produk berbasis teknologi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, BPPT juga memberikan hibah berupa Mobil Lab BSL-2 yang dimanfaatkan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di daerah Tangeran Selatan,” tuturnya.

“Sekarang adalah Rumah Komposit Anti Gempa,” ujar Hammam, yang menambahkan bahwa rumah ini sudah melalui kajian dan penelitian oleh BPPT sehingga tidak menyebabkan cedera serius terhadap penghuninya jika terjadi gempa.

Dijelaskan juga, bahwa rumah ini berbahan dasar baja ringan anti karat. Yang dinilai aman untuk memastikan kekokohan dari rumah ini. Dia berharap dengan adanya fasilitas ini bisa menjadi salah satu model bagi masyarakat dalam membangun rumah. (Red)

Tinggalkan komentar