Padepokan Pencak Silat Satria Muda Banten Komitmen Lestarikan Kesenian Budaya Banten

0

BBO, CILEGON – Padepokan pencak silat (PPS) satria muda Banten salah satu padepokan yang cukup bersejarah di Banten hingga kini masih tetap eksis dalam menjaga serta melestarikan seni budaya pencak silat dan debus. Padepokan satria muda banten yang berada di Lingkungan Ramanuju Kelurahan Citangkil Kecamatan Citangkil terus membina dan melatih para generasi penerusnya dengan dukungan pemuda dan tokoh masyarakat setempat, agar tetap eksis dan berkembang.

Andi Zay salah satu pengurus PPS Satria Muda Banten mengatakan, sebagai pengurus sangat bangga dan apresiasi adanya peguron ini sebagai upaya untuk melestarikan kesenian pencak silat dan debus.

“Padepokan ini sempat vakum, namun berkat dukungan tokoh pemuda dan masyarakat Bersama membangun padepokan kami mulai merintis dan membangunnya. Sehingga pada tanggal 30 Mei 2015 PPS diresmikan oleh pengurus IPSI Ancab Citangkil dan IPSI Kota Cilegon,” ujar pria yang akrab disapa Andi Zay.

Andi Zay menuturkan, PPS Satria Muda Banten ini sudah dirintis sekira tahun 1941 jauh sebelum bangsa Indonesia merdeka oleh bapak Alm.KH. Abdul Syukur.
“Kami juga mohon kepada bapak Haji Latifi Bahawi sebagai anak cucunya untuk Bersama membangun padepokan ini,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, yang melatarbelakangi terus aktifnya peguron ini adalah, semangat juang para pemuda di lingkungan Ramanuju agar memiliki salah satu peguron.

“Harapan kami, semoga padepokan kami PPS Satria Muda Banten ini salah satu peguron yang terus melestarikan kesenian budaya banten khususnya pencak silat dan debus, sehingga apa yang kita bangun padepokan ini terus sukses jaya dan semanagat,” harapnya.

Tinggalkan komentar